Artikel

Simak kumpulan artikel berikut ini untuk mengakses seleksi bahan pilihan seputar topik spiritual wellness.

Jiwa yang Sehat​​​​​​

Ada pelbagai cara untuk mendefinisikan sehat mental; atau, kita dapat mengatakan ada pelbagai ciri jiwa yang sehat. Apa saja itu?

Selengkapnya >>

Hidup dalam Kuasa-Nya

Cukup banyak orang mulai hidup dalam kesusahan, kekhawatiran, dan hari depan yang tidak menentu sehubungan dengan maraknya kematian di mana-mana. Dari mana kita memperoleh kekuatan dan kepastian bagi masa depan kita?

Selengkapnya >>

Sukacita Hanya dalam Kristus

​​​​Sukacita bukan merupakan tidak adanya kesedihan - itu adalah kehadiran Roh Kudus. Meski Roh Kudus menghasilkan sukacita dalam diri kita, sering kali Ia melakukannya dengan cara merendahkan supaya kita berhenti melihat diri sendiri dan memandang pada Kristus.

Selengkapnya >>

Firman Tuhan Mengenai Jiwa yang Hancur

Adalah wajar untuk memikirkan ungkapan-ungkapan seperti "remuk hati" sebagai kiasan, seperti saat berkata, "Dia patah hati," ketika hubungan percintaan berakhir. Namun, seperti halnya pada banyak ayat di dalam Alkitab, pengamatan yang lebih dekat mengungkapkan bahwa itu bukanlah kiasan sama sekali.

Selengkapnya >>

Design Thinking Vs Human-Centred Design: What’s the difference?

Berbicara tentang dunia desain dan pengembangan produk, ada dua istilah yang pasti sering didengar: Design Thinking (Pemikiran Desain) dan Human-Centered Design (Desain yang Berpusat pada Manusia). Artikel ini menjelaskan pengertian dari kedua istilah tersebut beserta perbedaan-perbedaan kunci di antara keduanya.

 

 

“Is Everything All Right?”: Well-Being in the Midst of COVID-19

"Apakah semuanya baik-baik saja?" Artikel ini membahas bagaimana pertanyaan ini mendapat makna baru di tengah pandemi COVID-19 sekarang ini. Ditambah lagi, artikel ini juga membahas bagaimana seharusnya orang Kristen mengartikan dan mengusahakan "kesejahteraan" dan "shalom" dalam hidup.
 

Selengkapnya >>

Design Thinking and Ministry Leadership

Baik dalam wilayah teoritis maupun praktis, pemikiran desain dapat mengontribusikan wawasan atau nilai terhadap tugas-tugas kepemimpinan pelayanan. Artikel ini membahas tentang bagaimana Pemikiran Desain memiliki penerapan konseptual yang nyata bagi para gereja dan organisasi-organisasi misi.

Selengkapnya >>

Mengatur Suhu Emosi

Masalah utama dalam pengaturan emosi adalah masalah kelebihan dan kekurangan. Maksudnya, kalau bukan mengumbar emosi, kita menyumbat emosi alias tidak cukup mengekspresikannya. Sering kali hal-hal seperti inilah yang muncul dalam pernikahan dan sudah tentu kondisi ini tidak sehat untuk pernikahan. Dalam artikel ini akan membahas tiga tipe pengaturan emosi dan cara penyelesaiannya.

Selengkapnya >>

Menyegarkan Rumah

Hubungan suami-istri merupakan poros rumah tangga yang memerlukan penyegaran. Ada banyak sarana untuk menyegarkan jiwa, salah satunya menonton film atau televisi. Namun, perlu bijaksana agar tetap menyegarkan dan tidak berlebihan.

Selengkapnya >>

Gangguan Depresi Berat

Tugas rutin sehari-hari juga berpengaruh terhadap kesehatan jiwa. Dalam artikel ini akan dibahas tentang Major Depressive Disorder (MDD), ciri, faktor yang memengaruhi dan pentingnya dukungan sosial.

Selengkapnya >>

Tiga Tantangan yang dihadapi Guru Sekolah Minggu

Guru sekolah minggu mengemban tugas yang berat melawan arus zaman yang mengalir dengan deras. Tidak ada resep lain kecuali, ajarkan Firman Tuhan dengan setia kepada mereka dan jadilah pelaku Firman yang hidup bagi mereka.

Selengkapnya >>

Peranan Masa Depan dalam Pembimbingan Remaja

Masalah remaja memang kompleks, tetapi itu tidak berarti tidak teratasi. Setiap pembimbing remaja bisa terlibat dalam bagian tertentu dari permasalahannya dan setiap bagian yang telah dipulihkan akan membawa dampak positif pada bagian lainnya. Jadi, lakukanlah bagian kita masing-masing dengan iman, pengharapan, dan kasih.

Selengkapnya >>

Cara Tuhan Memelihara Umat-Nya

Allah berdaulat dalam pemeliharaan terhadap segala ciptaan-Nya. Providensia Allah adalah semua hal yang baik yang dialami manusia sebagai ciptaan Allah. Dalam tulisan ini akan dijelaskan peristiwa-peristiwa yang dialami manusia dan pemeliharaan Allah yang tetap. Kiranya dapat menguatkan kita semua.

Selengkapnya >>

Jangan Racuni Kami dengan Ragi Dunia

Sering kali ada sebagian orang dewasa meracuni anak-anak dengan ragi dunia yang tidak bertanggung-jawab dan memberi pengajaran yang kurang tepat kepada anak. Hal itu dapat memengaruhi perilaku dan emosinya di masa mendatang.

Selengkapnya >>

Kitab Ratapan

Melalui artikel ini, kita akan belajar tentang Pendahuluan, Garis Besar, Tujuan dan Survei, Ciri Khas, serta artikel lainnya tentang kitab Ratapan yang ditulis oleh Yeremia.

Selengkapnya >>

Kitab Ayub

Melalui artikel ini, kita akan belajar tentang Pendahuluan, Garis Besar, Tujuan dan Survei, Ciri Khas, serta artikel lainnya tentang kitab Ayub yang berisi tentang penderitaan orang benar.

Selengkapnya >>

Tragedi Kematian: Normal Grief Reaction

Apa yang dapat kita lakukan untuk menolong mereka yang tengah berduka? Artikel berikut akan menjelaskan bagaimana melakukan pelayanan pendampingan bagi mereka yang tengah berduka.

Selengkapnya >>

 

5 Fase dalam Menghadapi Kematian

Artikel berikut ini membahas tentang lima fase (langkah-langkah) yang pasti akan dihadapi oleh orang yang mengalami kedukaan atau "Grief", dan khususnya oleh orang yang sedang menghadapi kematian.

Selengkapnya >>

Pelayanan Kedukaan

Artikel ini akan menolong memperlengkapi orang-orang percaya dalam melakukan pelayanan kedukaan.

Selengkapnya >>

Empati, Karakter Baik yang Jarang Dimiliki Orang

Apa itu Empati? Artikel berikut akan menjelaskan tentang empati dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan kita sebagai orang percaya.

Selengkapnya >>

Bagaimana Menunjukkan Empati pada Orang Lain: 5 Cara Orang Kristen

Artikel ini menunjukkan 5 cara orang Kristen yang dengannya kita dapat menunjukkan rasa empati kepada orang lain.

Selengkapnya >>

Tiga Cara untuk Melihat Allah dalam Penderitaan Anda

Artikel ini akan memberitahukan kepada kita bahwa cara untuk menghadapi penderitaan adalah dengan menjaga mata Anda pada kemuliaan.

Selengkapnya >>

Depresi

Artikel ini menjelaskan tentang jenis-jenis depresi sekaligus penyebabnya yang dapat berguna dalam memperlengkapi pelayanan orang percaya.

Selengkapnya >>

Putus asa, Takut, Marah kepada Tuhan? Percayalah kepada Tuhan!

Pernahkah Anda berada di dalam keputusasaan? Artikel ini akan membantu kita menemukan bahwa Allah hadir dalam peristiwa-peristiwa keputusasaan.

Selengkapnya >>

Penangkal Keputusasaan yang Terpendam

Ada harapan bagi orang-orang yang menyimpan keputusasaan batiniah di dalam diri mereka sendiri. Simak uraiannya dalam artikel ini lebih lanjut.

Selengkapnya >>

Mengatasi Depresi

Apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasi depresi? Artikel berikut akan menguraikan hal-hal yang akan menolong kita dalam mengatasi depresi.

Selengkapnya >>

Doa dalam Keputusasaan

Dengan berdasar pada pengalaman Daud dalam Mazmur 142 yang terdapat dalam artikel berikut, kita akan dibantu untuk menjalani saat-saat kelam bersama Allah.

Selengkapnya >>

Harapan

Bersama-sama dengan iman dan kasih, harapan akan tetap tinggal (1 Korintus 13:13), dan dengan bersama-sama pula ketiganya akan mencirikan pola hidup Kristen.

Selengkapnya >>

Perspektif Psikologis: Bingkai Penghiburan

Melalui artikel ini kita akan melihat bahwa penghiburan akan kematian diperoleh melalui kesadaran akan kehidupan yang bermakna.

Selengkapnya >>

Mengerti (Berempati)

Artikel berikut ini membahas tentang pentingnya empati dalam relasi kita dengan sesama manusia.

Selengkapnya >>

Kerapuhan Hidup

Mari belajar dari H.G. Spafford dan lagunya "It Is Well with My Soul" untuk dapat menemukan kedamaian dalam kerapuhan hidup.

Selengkapnya >>

Buatlah Hidup Anda Bersukacita

Kristus dan karya-Nya adalah dasar untuk membuat kita senantiasa bersukacita.

Selengkapnya >>

Sukacita dan Kehidupan Kristen

Apa dasar dari kehidupan yang sukacita Kristen? Sukacita merupakan hasil spontan dari hubungan kita dengan Kristus.

Selengkapnya >>

Mental Fatigueness

Melalui artikel ini, kita akan diajak untuk mengetahui lebih dalam tentang kelelahan mental serta pendekatan yang dapat dilakukan konseling untuk menghadapi masalah ini.

Selengkapnya >>

Mendekatkan Diri kepada Tuhan dalam Kedukaan dan Kesedihan

Alkitab penuh dengan janji Allah untuk memberi kelegaan kepada mereka yang tengah berduka dan sedih. Temukan penghiburan Allah di dalamnya.

Selengkapnya >>

Menguatkan Iman Kristiani

Sebagai umat Kristiani kita perlu selalu memperkuat iman dan pengharapan kita akan Yesus supaya dapat bertahan dalam kondisi apapun. Berikut langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk memperkuat iman kita ditengah krisis.

Selengkapnya >>

3 Kebiasaan Yang Dapat Menguatkan Iman

Sadar atau tidak, kebiasaan yang kita lakukan dapat memengaruhi berbagai macam aspek dalam hidup kita, terutama dalam keteguhan iman kita. Berikut 3 kebiasaan yang dapat membantu kita kuat dalam iman.

Selengkapnya >>

5 Cara Memelihara Iman Menurut Agama Kristen dengan Taat

Pada dasarnya, memelihara dan mempertahankan iman dan keyakinan Kristen kepada Tuhan Yesus sangatlah penting dan tidak mudah. Terutama bagi orang-orang percaya yang selalu hidup dalam ujian dan cobaan. Berikut ini 5 cara untuk memelihara iman kita.

Selengkapnya >>

Lagu Penghiburan Karangan Orang Sedih (Kesaksian)

Apa makna mendalam yang terdapat di balik lagu "What a Friend We Have in Jesus" karya Joseph M. Scrive? Temukan jawabannya dalam artikel ini.

Selengkapnya >>

Biarkan Yesus Berdebat dengan Jiwamu tentang Kekuatiran

Upah kekal dan kehidupan di sorga lebih penting dari semua berkat Tuhan.

Selengkapnya >>

 

Belajar Berempati

Melalui artikel ini, kita akan belajar secara mendalam mengenai empati serta bagaimana agar kita dapat mengembangkan sikap ini dalam diri.

Selengkapnya >>

Mencari: Sukacita! Menemukan: Kristus!

Sukacita mengikut Tuhan dalam segala keadaan dijabarkan dalam definisi Alkitab sendiri.

Selengkapnya >>

Konseling Kesendirian Bersama Tuhan

Berikut ini adalah bagian dari artikel yang ditulis oleh Henri J.M. Nouwen yang membahas tentang sebuah disiplin yang memungkinkan kita untuk memiliki kehidupan rohani yang benar.

Selengkapnya >>

Sehat Jasmani dan Rohani pada Masa Pandemi

Pada hakikatnya bahwa manusia itu diciptakan segambar dan serupa dengan Allah (Kejadian 1:26-27) atau dapat disebut juga dengan imago dei. Tuhan menciptakan manusia terdiri dari dua unsur yaitu jasmani dan rohani, sehingga manusia dapat dikatakan sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang sempurna dan berbeda dari ciptaan yang lainnya.

Selengkapnya >>

Konseling Kesendirian Bersama Tuhan

Berikut ini adalah bagian dari artikel yang ditulis oleh Henri J.M. Nouwen yang membahas tentang sebuah disiplin yang memungkinkan kita untuk memiliki kehidupan rohani yang benar.

Selengkapnya >>

Spiritual Dehydration (Kekeringan Rohani)

Artikel ini membahas tentang kekeringan rohani, penyebab, akibat, dan indikasi yang ditimbulkannya.

Selengkapnya >>

Menumbuhkan Pengharapan dalam Diri Konseli

Artikel ini menjelaskan perbedaan antara pengharapan semu dan yang sejati, sekaligus cara-cara untuk membangkitkan pengharapan dalam diri.

Selengkapnya >>

Menangani Stres -- Sebelum Menjadi Krisis

Artikel ini membahas tentang stres serta bagaimana cara kita dapat menanganinya sebelum itu menjadi krisis.

Selengkapnya >>

Apakah Depresi Itu

Apakah depresi itu, dan bagaimana cara kita dapat menangani hal ini? Temukan jawabannya dalam artikel ini.

Selengkapnya >>

Alkitab dan Kesehatan Mental
Dalam kisah yang ditulis di Alkitab pun menyebutkan beberapa permasalahan mengenai permasalahan mental. Pada zaman Yesus, semua bentuk gangguan mental masih diidentikan dengan kerasukan roh jahat.

Selengkapnya >>

Belajar dari kesaksian Justin Bieber
Kelemahan tidak harus ditutupi, malah bisa menjadi jalan kesaksian kita. Butuh kerendahan hati untuk melakukannya.

Selengkapnya >>

Pengantar Disiplin Spiritual

Disiplin rohani adalah kebiasaan, praktik, dan pengalaman yang dirancang untuk mengembangkan, menumbuhkan, dan memperkuat kualitas roh tertentu -- untuk membangun "otot" karakter seseorang dan memperluas keluasan kehidupan batin seseorang. Mereka menyusun "latihan" yang melatih jiwa. Beberapa disiplin rohani bersifat pribadi, yaitu latihan batin yang dilakukan sendiri, sedangkan yang lain membutuhkan hubungan interpersonal dan dipraktikkan dalam komunitas.

Selengkapnya >>

Disiplin Rohani

Kerangka diskusi yang lebih luas perlu diingat. "Rohani" dan "Kerohanian" telah menjadi kata-kata yang terkenal kabur. Dalam penggunaan umum, keduanya hampir selalu memiliki nada positif, tetapi maknanya jarang berkisar dalam lingkup penggunaan alkitabiah. Orang-orang menganggap diri mereka "rohani/spiritual" karena mereka memiliki kepekaan estetika tertentu, atau karena mereka merasakan semacam hubungan mistis dengan alam, atau karena mereka mendukung versi tertentu dari salah satu agama yang sudah sangat diprivatisasi (tetapi "agama" cenderung merupakan kata dengan konotasi negatif, sementara "kerohanian/spiritualitas" memiliki nada positif).

Selengkapnya >>

Tiga Penanda yang Menandakan Hidup yang Dijalani dengan Baik

Banyak studi telah dilakukan dan banyak sekali karya sastra tersedia hari ini tentang bagaimana menjalani hidup dengan baik dan menua dengan baik. Penyebut yang paling umum dari semuanya itu adalah kebutuhan untuk menjadi bagian dari komunitas yang sehat. Komunitas yang terdiri dari orang-orang yang dapat menghubungkan diri dengan satu sama lain dalam tata cara yang dalam secara makna dan sangat memperkaya.

Selengkapnya >>

Apa Itu Disiplin Rohani?

Disiplin rohani adalah praktik-praktik yang ditemukan dalam Kitab Suci, yang mendorong pertumbuhan rohani dalam Injil Yesus Kristus di tengah orang percaya. Itu mencakup kebiasaan devosi, kebiasaan kekristenan bersifat pengalaman, yang telah dipraktikkan oleh umat Allah sejak zaman Alkitab.

Selengkapnya >>

Share